Jumat, 27 Desember 2019

QUIS Ilmu Komputer Jaringan

Halo gan, udah lama nih gak posting. hehe

Kali ini aku mau posting Quis dari salah satu mata kuliah aku "IJK-Ilmu Komputer Jaringan"
Mungkin gak terlalu menyeluruh dalam membahas Ilmu komputer jaringan, tapi aku harap postingan ini bisa bermanfaat buat agan-agan semua.


SOAL  DAN JAWABAN :
1.      Tuliskan 3 Syarat untuk membangun jaringan komputer.!
Jawab :
Syarat – syarat membangun jaringan komputer
a.  Ada computer server (Pengirim), ciri – ciri ad arak server/lemari server
b. Ada computer Client (Penerima)
c.  Ada Media Transmisi (Kabel, Wifi, Infrared, Bluetooth, dsb)
2.      Tuliskan pengertian dari :
a. Network : Suatu jaringan computer yang saling berkomunikasi dengan computer/perangkat lain yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu jaringan. Dengan network, komputer yang satu dapat menggunakan data di komputer yang lain. Dapat mencetak laporan di printer komputer yang lain, dapat memberi berita ke komputer yang lain walaupun berlainan area. Network merupakan cara yang sangat berguna untuk mengintegrasi kan system informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area lainnya.
b.    Stand Alone : Komputer yang berdiri sendiri dalam artian tidak memerlukan server. komputer stand alone menggunakan 1 sumber daya seperti keyboard, mouse, CPU dll yang hanya digunakan pada 1 komputer apabila digunakan dalam waktu bersamaan.
3.      Tuliskan 3 manpaat jaringan computer
Manfaat Jaringan Komputer :
a.       Mempermudah sharing files.
b.      Menjaga data – data yang sifatnya rahasia.
c.       Memudahkan komunikasi antar divisi.
d.      Menghemat Biaya
4.      Tuliskan 4 fungsi dari pengkabelan LAN di bawah ini :
a.       Straight : Menghubungkan perangkat yang berbeda
-          Menghubungkan antara computer dengan switch
-          Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
-          Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
-          Menghubungkan switch ke router
b.      Cross Over : Menghubungkan peragkat yang sama
-          Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
-          Menghubungkan 2 buah switch
-          Menghubungkan 2 buah hub
-          Menghubungkan switch dengan hub
5.      Tuliskan minimal 7 perangkat keras (hardware) jaringan computer
a.       Router
b.      Monitor.
c.       Switch / Hub
d.      LAN Card / NIC / Ethernet card
e.       Alat transmisi (Kabel, Wifi, Bluetooth, dsb)
f.        Komputer Server
g.      Komputer Client
h.      Bridge
i.        Access Point
j.        Modem
k.      Repeater
6.      Tuliskan fungsi dari perangkat di bawah ini :

a. Crimping tool
Berfungsi : alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 / RJ-11 tergantung kebutuhan. Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti bisa memotong kabel, mengupas dan lain sebagainya.

b. Tester kabel
Tester kabel atau LAN Tester adalah adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengecekan kabel UTP yang telah terpasang RJ-45 atau RJ-11 sebelum dipasang ke LAN Card, pada LAN Tester terdapat LED Indikator yang fungsinya mengecek kebenaran pada kabel yang sedang kita cek.

c. Swicth
Switch memiliki fungsi yang sama seperti hub, yaitu dapat membantu memecah – mecah jaringan lokal. Dari satu komputer server atau host, anda dapat menggunakan switch untuk mengkoneksikan lebih dari satu komputer client ke dalam satu jaringan LAN atau lokal. 

d. Acces Point
Berfungsi untuk mengizinkan atau menolak perangkat yang memiliki akses wifi (misalnya laptop, PDA, smartphoe, dkk) untuk terhubung dengan jaringan lokal yang sama.

7.      Tuliskan langkah2 untuk menguji koneksi jaringan computer
a. pilih network connections, click kanan lokal area connections, pilih status support (maka IP address nya sudah langsung ada. Contoh : 192.168.2.1 lalu pilih close.

b. Buka CMD/Command prompt dengan tekan jendela + R lalu ketikkan “cmd”, setelah itu ketikkan ipconfig

c. Tekan jendela + R lalu ketikkan ping + no IP computer lain yang satu jaringan.

8.      Gambarkan jenis2 jaringan berdasarkan wilayahnya.!
-         LAN : menghubungkan antar PC (Personal Computer) atau server yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh, seperti di dalam gedung atau satu area bangunan dengan radius maksimum 10 km. Pada jaringan lokal ini, kecepatan pengiriman data relatif tinggi, yaitu antara 1-100 Mbps. Biasanya, jaringan lokal ini dimiliki dan dioperasikan oleh satu lembaga tanpa menggunakan fasilitas dari perusahaan telekomunikasi umum. Jaringan komputer di lembaga pendidikan umumnya tergolong LAN.
-        MAN : memiliki radius 10-50 km. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota dengan kecepatan transmisi antara 45-600 Mbps. Untuk membentuk jaringan MAN, dapat memanfaatkan fasilitas dari perusahaan telekomunikasi umum atau menggunakan paket program radio.
-     WAN : memiliki radius sangat besar, menghubungkan LAN dan MAN melewati batas geografis mencakup antar wilayah, negara, dan benua, serta bersifat milik umum. WAN memiliki kecepatan transmisi di bawah 1 Mbps.
-   Internet : ebuah jaringan komputer yang sangat besar yang menghubungkan seluruh sisten jaringan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari sejumlah LAN, MAN, dan WAN dari berbagai tempat di seluruh dunia. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi secara langsung.

9.      Jelaskan model jaringan komputer :

a.        Peer to Peer : Semua komputer dapat bertindak sebagai server. Dalam jaringan Peer to Peer, semua komputer memiliki hak akses yang sama. Setiap komputer yang terhubung dapat saling berbagi sumber daya tanpa harus dikendalikan oleh satu komputer. Jadi, intinya, jaringan Peer to Peer adalah jaringan di mana semua komputer dapat bertindak sebagai server ataupun client.

b.     Client Server : Jaringan Client-Server memiliki dua komponen utama. Yaitu Client dan Server. Sesuai namanya, Server atau penyedia layanan adalah komputer yang memberikan layanan untuk komputer klien. Layanan itu bisa berupa data, akses atau bahkan multi service seperti file server, mail server atau web server. Sementara Client atau Workstation adalah komputer yang menerima layanan/ fasilitas yang disediakan oleh komputer server. Jadi, intinya, jaringan Client-Server adalah jaringan di mana di dalam jaringan tersebut ada satu komputer yang sudah didedikasikan untuk menjadi server (Dedicated-Server), dan komputer yang lainnya bertindak sebagai klien.

10.  Tuliskan tiga tipe IP Adress jaringan komputer yang anda ketahui, berikan masing-masing contohnya.!

A.    Secara garis besar IP Address dibagi 2 jenis :

-     IP Address Public : IP Address yang dimiliki setiap computer atau perangkat lainnya yang digunakan pada jaringan internet. (IP address yang terhubung dengan Internet)

-       IP Address Private : IP Address yang umumnya digunakan pada jaringan local seperti LAN, yang tidak terhubung dengan internet.

B.    Dilihat dari cara IP ini diberikan pada computer lain, maka IP Address disini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

-    IP Address Dinamis : Pemberian IP Address secara otomatis, dimana IP ini dapat berubah-ubah.

-      IP Address Statis : Membuat IP Address secara manual (diketik manual) namun harus mengetahui kelas IP Address, subnet, gateway dan DNS yang digunakan dalam jaringan yang ingin dihubungkan.

C.     Dilihat dari daya tamping computer, IP Address dibagi menjadi 2 Jenis :

-       IP Versi 4, IP yang terdiri dari 4 oktet, setiap octet mampu menangani 255 buah computer, bila dikalkulasikan mencapai 4.228.250.625 buah host.

-  IP Versi 6 (sering disebut sebagai alamat IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol Internet versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoretis dapat mengalamati hingga 2128=3,4 x 1038 host komputer di seluruh dunia

Adapun IP khusus yaitu IP yang memiliki tujuan penggunaan khusus yang sudah disepakati secara internasional, sehingga tidak dapat digunakan untuk pengalamatan seperti 0.0.0.0/8, 127.0.0.1, 255.255.255.255/32 dsb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QUIS Ilmu Komputer Jaringan

Halo gan, udah lama nih gak posting. hehe Kali ini aku mau posting Quis dari salah satu mata kuliah aku "IJK-Ilmu Komputer Jaringan&q...